SHOCK!!!!! Foto-foto Ritual Ma’nene di Tana Toraja, Mayat Dibangkitkan, Dimandikan dan Dipakaikan Baju Baru

Indonesia selain kaya akan sumber daya alam juga memiliki berbagai macam adat dan budaya dari Sabang sampai Merauke (kecuali Timor-timur).


Sudah pantasnya sebagai rakyat Indonesia, kita bangga atas kekayaan yang dimiliki negara kita dan juga wajib menjaga dan melestarikannya.
Satu dari sekian banyak adat di Indonesia, ada adat unik sekaligus menyeramkan dari Tana Toraja.
Warga Toraja yang masih melestarikan tradisi nenek moyang bernama Ma’nene, di mana jasad orang mati dikeluarkan kembali dari tempatnya.
Kemudian, mayat tersebut dibungkus ulang dengan lembaran kain baru oleh masing-masing anak cucunya.
Unik tapi menyeramkan ya?
Netizen pun menanggapi tradisi dari Tana Tora tersebut berbeda-beda:
Budaya ini memang benar adanya. Konon mereka dibangunkan atas bantuan jin sehingga bisa berjalan layaknya orang hidup,” tulis akun facebook bernama Deny Hamdani.
tapi ini tuh beneran ‘kan? masa’ sih mayat yg udah beneran mati bisa hidup lagi? atau kalo sekiranya kesurupan setan, masa’ iya sih bisa ke dalam jasad orang mati? atau mungkin ini sebenernya mayat yg sengaja digerakkan oleh seseorang seperti halnya wayang gitu?! entahlah. bingung guwa,” tulis blogger bernama guwa itu guwe.
Td saya syok sekali krna prtama kali tau ini, saya bertanya2 dgn dri sndiri, Apkh ini masuk akal, akhirnya sy mikir lg bahwa ini adlh adat yg unik, ga ad hub. Sma agama apapun. Ga usah menanggapi negatif, bangga dgn keunikan Toraja.” komentar dari akun Facebook bernama Christine Noviana
Seperti ini kumpulan foto tradisi Ma’nene tersebut.
1. Adat Toraja 1
Pembersihan mayat oleh anak-cucu
3. Adat Toraja 3
4. Adat Toraja 4
5. Adat Toraja 5
6. Adat Toraja 6
7. Adat Toraja 7
8. Adat Toraja 8
9. Adat Toraja 9
10. Adat Toraja 10
11. Adat Toraja 11

Posting Komentar

0 Komentar